Berkunjung ke Museum UPI Bandung, Asyik Juga Ternyata

Tempo hari, saya bersama dengan teman-teman meluangkan waktu untuk berlibur ke Museum Pendidikan Nasional UPI. Museum ini sebanarnya resmi dibuka untuk umum tanggal 25 November 2015 bertepatan dengan Hari Guru Nasional, namun saya baru bisa berkunjung baru-baru ini :)

Museum UPI Bandung telah lama di bangun serta pada akhirnya di buka untuk umum ini buka Selasa-Minggu dengan hari libur sesuai dengan tanggal libur nasional. Untuk saat ini, harga tiket masuknya sebesar Rp 5. 000, - serta mungkin saja bakal naik beberapa waktu kemudian.

museum upi bandung

Di dalamnya ada beragam session seperti pendidikan jaman penjajahan, jaman colonial, jaman kemerdekaan, dan lain-lain. Tetapi disamping pendidikan disana juga ada banyak monitor yang menayangkan video arsip nasional mengenai kemerdekaan atau kehidupan waktu perjuangan kemerdekaan. Sebagian monitor juga menghidangkan games interaktif satu diantaranya angklung virtual dibagian session prestasi UPI.

Baca juga:
Museum  Sribaduga, cerminan masyarakat Jawa Barat
Museum pos Indonesia, yuk lengkapi pengetahuan Anda dengan dunia per-pos-an
Apa saja yang akan Anda temukan di Museum Mandala Wangsit ini

Yang paling banyak diunggah di Instagram adalah replikas kelas IKIP jaman dulu dengan kursi serta perlengkapan asli.

Saya juga mengagumi arsitektur dari museum ini. Jika Anda berjalan mengelilingi sembari melihat-lihat isi dari museum, di tiap-tiap seperempat lingkaran pengunjung menaiki tangga yang cukup pendek. Jadi dari lantai 1 ke lantai 2 seperti dibagi jadi 4 kali naik tangga yang bikin kesan tak capek untuk dilewati.

Interiornya juga cukup futuristik. Ditambah dengan bioskop mini di lantai dasar membikin museum ini mempunyai citra moderen, bukanlah museum yang tampak kuno. Museum ini pas untuk wisata edukasi siapapun tidak terbatas usia, terutama sangat bagus bagi pelajar.

Menariknya di lantai atas pengunjung akan menemui café, sehingga jangan sampai takut kelaparan ya!

Sekali lagi saya katakan, museum ini sangat pas untuk dijadikan sebagai obyek wisata edukasi di Bandung bahkan juga di level nasional.

Berikut video penampakan museum pendidikan nasional UPI di Bandung.


Jika Anda ingin melihat apa saja yang ada di dalam museum UPI bandung ini, silahkan bisa lihat di sini,
Ingin berwisata ke bandung Selatan dengan paket terbaik, pelayanan paling prima, dan paling indah sejagat? Anda bisa mendatangi tempat-tempat paling fenomenal di muka bumi. Silahkan lihat di sini